Senin, 20 September 2010

HUT PRAMUKA ke 49

        Bulan puasa bukan menjadi halangan untuk tidak melaksanakan Peringatan HUT pramuka yang ke 49. Namun dengan waktu yang bersamaan tersebut, KWARCAB Lumajang membuat sebuah kemasan baru lagi. HUT pramuka yang biasanya di peringati dengan upacara pramuka, diganti dengan kegiatan Tasyakuran.
        Bertempat di Aula Sekolah Unggulan Terpadu (SUT) Lumajang,  acara Tasyakuran ini di hadiri oleh Wakil Bupati Lumajang selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang. Dalam Tasyakuran tersebut ada Pemberian Penghargaan kepada 4 Tokoh Pramuka Lumajang, mereka adalah, kak Endang S, kak Prangko, kak Siti Nur, dan kak Achmad Saufi. Beliau semua merupakan tokoh pramuka yang berjasa khususnya bagi Gerakan Pramuka Lumajang. Mereka masuk ke dalam Organisasi Gerakan Pramuka sejak tahun 1961, tahun yang sama dengan keluarnya SK Presiden No. 238 tentang pengesahan Gerakan Pramuka sebagai Organisasi kepanduan di Indonesia. Sebagai pelopor dan perintis pandu pandu Lumajang, mereka berdedikasi dan berkomitmen melahirkan tunas tunas bangsa. Rasa bangga dan ucapan terima kasih patut berikan. Dari Dewan Kerja Cabang Lumajang sendiri, memberikan sebuah karya  berupa Lantunan Lagu berjudul Pahlawan  yang dibawakan oleh kak Eny, yang kemudian dilanjutkan dengan  pemutaran film Kilas Balik 49 tahun Pramuka Indonesia. Semarak pesera Tasyakuran yang terdiri dari beberapa pramuka penegak pandega se-Lumajang, wakil wakil dari Kwarran, di tambah Alumni LT 4 2010 Kontingen Lumajang mewarnai jalannya kegiatan.
    Bertemakan “Satu Pramuka Satu Indonesia” ,  peringatan HUT Pramuka kali ini , memang berbeda. Peserta yang ditempatkan di dalam ruang dengan duduk di karpet yang telah disediakan adalah berupa kemasan kegiatan dengan harapan dapat terjalin hubungan yang lebih dekat antara sesama peserta, dan lebih mengenal.
Setelah sambutan dari wakil Bupati Lumajang, acara dilanjutkan dengan kuis untuk semua peserta yang kemudian diteruskan dengan pembacaan Al-Qur’an sambil menunggu adzan Magrib. Seusai salat magrib bersama, semua peserta melaksanakan buka bersama.
Kebersamaan tersebut diakhiri dengan upacara pelantikan Dewan Kerja Cabang Lumjang masa bakti 2008-2013, setelah pelantikan DKC yang berjumlah 17 orang tersebut, acara dilanjutkan dengan pemberian Tanda Kehormatan Pancawarsa kepada beberapa anggota dewasa.
        Kegiatan yang dimulai pada 14 Agustus 2010 pukul 16.00 WIB ini, berakhir pukul  19.00 WIB dengan salat tarawih bersama. Sebuah inovasi baru Kwarcab Lumajang dalam memperingati HUT pramuka ke 49 di tengah bulan puasa dengan tidak meninggalkan kesan layaknya peringatan seperti biasanya. Satu pramuka satu Indonesia. Selalu satu dalam janji untuk satu arti, pramukaku  Indonesiaku.

0 komentar:

Posting Komentar