Senin, 20 September 2010

PEMBINAAN PRAMUKA PEDULI 2010

Berjumpa kembali Satuan Pramuka Peduli Kwarcab Lumajang. Satuan yang bertugas untuk Peduli terhadap kondisi dan situasi yang terjadi di wilayah lumajang khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Satuan yang terdiri dari anggota pramuka terbaik di wilayah Kabupaten Lumajang.

Setelah bertugas melaksanakan misi kemanusia untuk peduli kepada saudara kita yang tertimpa bencana di daerah Kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang dan Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat dengan mengirimkan personil dan bantuan yang disampaikan secara langsung di lokasi bencana, tentunya eksistensi pramuka peduli kwarcab lumajang perlu adanya pengembangan dan pembinaan kepada para relawan. Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan relawan yang siap siaga memberikan bantuan kemanusiaan ketika terjadi bencana atau ketika dibutuhkan.

Laporan mengenai peduli bencana di jawa barat tersebut yang telah dikirimkan kepada Kwartir Daerah Jawa Timur mendapatkan respon positif. Hasilnya, pramuka peduli kwarcab lumajang mendapatkan dana pembinaan untuk relawan pramuka peduli. Sehingga pada tanggal 24 – 25 April 2010 bertempat di Ranu Klakah kecamatan Klakah dilaksanakan Kegiatan Pembinaan Relawan Pramuka Peduli. Peserta yang dihadirkan adalah merek yang telah mengikuti diklat pertama di kecamatan pasirian.

Pembinaan kali ini lebih mengarah pada menejemen penanggulangan bencana dan SAR air serta praktek Perahu Karet. Diharapkan dengan adanya pembinaan ini rekan-rekan pramuka peduli ketika terjadi bencana mampu membuat wilayah penampungan bagi para korban, mampu memberikan pertolongan kepada korban yang terjebak dalam air, dan mampu melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu karet. Mengingat juga saat ini kondisi gunung semeru yang sudah memasuki status siaga II menjadikan pramuka peduli harus lebih siap dan selalu siaga ketika bencana akan terjadi.

Bravo Pramuka Peduli…!!

0 komentar:

Posting Komentar