Senin, 20 September 2010

Lomba Tingkat Regu Penggalang Tiga 2010

    Lomba tingkat ( LT ) merupakan salah satu bentuk kegiatan golongan penggalang yang diadakan tiap 5 tahun sekali dimana pada kegiatan ini semua aktifitas peserta sangat mandiri. Kegiatan LT merupakan kegiatan yang berkelanjutan, mulai dari tingkat Gugus Depan  (LT I) sampai tingkat nasional (LT V), dan yang mendapat kesempatan untuk lolos ke tingkat selanjutnya hanyalah juara I. Dalam kegiatan LT, semua aktifitas peserta di nilai, sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat lomba dengan persaingan yang amat ketat.
      Berkenaan dengan hal tersebut, tanggal 30 Mei - 1 Juni 2010 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang menyelenggarakan Lomba Tingkat Regu Penggalang Tiga. Kegiatan yang di ikuti oleh 16 Kwarit Ranting dengan 1 regu putra dan 1 regu putri pada masing-masing Kwartir Ranting ini mendapatkan antusias yang besar dari semua pihak. Dalam kegiatan ini, ada beberapa mata lomba yang harus di ikuti oleh peserta, di antaranya:
 
o    Berkemah
o    Pioneering
o    Orientering
o    Ketrampilan Sandi
o    Pertolongan Pertama
o    Cerdas tangkas tekpram dan tengetahuan umum populer
o    Pengamatan lingkungan dan  menyusun laporan
o    Majalah dinding
o    Teknologi Tepat Guna
o    Ketrampilan Daur Ulang
o    Administrasi regu
o    Cross Country
o    Pidato
o    Baca Puisi
o    Menyanyi
o    Menggambar
o    Poster
o    Ketrampilan Bahsa Inggris
o    Debat
o    Photography dan jurnalistik
 

  Di samping lomba lomba tersebut, ada beberapa kegiatan lain yang menjadi aspek penilaian seperti: upacara, pendirian tenda, yel yel regu dll. Namun yang sangat menarik perhatian adalah ketika tiap regu menyanyikan yel-yelnya, atsmosfir  di bumi perkemahan menjadi lebih tegang tapi rasa bangga dan bahagia serta kebersamaan begitu terasa walaupun ada di tengah tengah sengitnya persaingan.
Dalam Lomba tingkat regu penggalang tiga  yang  dilaksanakan di Lapangan Jatisari, kecamata Tempeh ini, mendapatkan kesan yang sangat baik dari peserta, meskipun tuntutan untuk bersaing sangatlah tinggi, namun rasa kekeluargaan sebagai sesama pramuka masih sangat kental dirasakan. Dengan mengangkat tema “Persaingan Sehat Untuk Pembentukan Pribadi Kuat”  di harapkan setiap peserta dapat merasakan sebuah persaingan dimana persaingan tersebut merupakan suatu titik awal untuk menuju pribadi yang kuat dan lebih baik. Dan pada akhirnya, di dapatkan 1 regu terbaik putra dan 1 regu terbaik purti yang akan menjadi kontingen KWARCAB Lumajang dalam Lomba Tingkat Regu Penggalang  Empat di Purwodadi, Pasuruan. Regu Harimau dari KWARAN Tempeh menjadi regu terbaik putra dan Regu Lely dari KWARAN Lumajang menjadi regu terbaik putri.
Kebersamaan, kekeluargaan dan rasa saling memiliki di rasakan semua peserta, mereka memiliki rasa kebanggan tersendiri dengan tetap sebagai seorang pramuka yang selalu semangat, kuat dan selalu lebih baik

0 komentar:

Posting Komentar