Senin, 20 September 2010

Scouts New Arrival

        Kemasan kegiatan baru Dewan Kerja Cabang Lumajang, berupa kegiatan untuk pramuka penegak pandega menadapatkan banyak kesan. Kegiatan yang bernama Scout New Arrival ini memiliki  tiga tahap, tahap pertama yaitu Scout Share, tahap kedua yaitu Rover Scout Night dan tahap ketiga yaitu Rovering to Sucsess.
        Scout Share adalah tahap pertama dari Scout New Arrival, kegiatan ini di adakan di Balai Kesehatan Pasirian. Dalam Scout Share ini, di ikuti oleh 103 pramuka penegak pandega se-Kabupaten Lumajang . Kegiatan yang di laksanakan paa tanggal 7-8 Agustus 2010 ini adalah sebuah pembelajaran bersama, tentang AD-ART, PPDK, PP Polmekbin dan PPGD. Jadi  di sana peserta mendapatkan empat meteri tersebut untuk di lombakan pada Rover Scout Night nanti. Antusias peserta sangatlah besar, lebih lebih saat panitia dan peserta nge-dance bareng.     Selama 2 hari mereka berkegiatan bersama, dengan beberapa metode pembelajaran yang menarik. Dalam Scout Share ini juga di adakan acara pemutaran film tentang sejarah pramuka guna memperkenalkan bagaimana pramuka sebenarnya .
Scout Share yang di buka oleh KAKWARCAB Lumajang ini memiliki arti tersendiri bagi peserta, khususnya kepada mereka yang baru mengenal pramuka.
        Rangkaian Scout New Arrival masih berlanjut, Sabtu, 28 Agustus 2010 tepatnya pada pukul 15.30, kegiatan Rover Scout Night dimulai dengan dengan pemukulan Gong oleh WAKABINAWASA  Kwarcab Lumajang . Kegiatan yang berakhir tanggal 29 Agustus 2010 ini bertempat di SMAN 3 Lumajang. Dalam kegiatan ini hadir perwakilan dari Dewan Kerja Daerah Jawa Timur dan Dewan Kerja Malang yang menambah kesan kegiatan.
Karena pada saat itu adalah bulan puasa, jadi pada sore hari menjelang magrib diadakan Lomba Partol (d’ring festival). Keriangan di tengah dahaga puasa menyatu dengan semangat peserta dalam mengemakan yel yel patrol mereka. Tak hanya lantunan yel yang mereka tampilkan, namun penampilan juga mereka perlihatkan dengan ragam. Berbekal alat music yang amat sederhana, namun dapat menciptakan karya yang  mengagumkan. Mengangkat tema adat Betawi sebagai pakaian juga merupakan suatu kemasan baru alam rangkaian kegiatan ini. Pemenang dari Lomba Patrol ( d’ring festival) adalah HOS. Cokroaminoto ari SMAN 2 Lumajang. 
        Setelah buka puasa bersama, di mulailah kegiatan malam. Pada malam itu ada kegiatan Lomba Intelegent Quantum, Lomba ini di bagi menjadi 3 babak. Babak pertama adalah babak penyisian, di babak ini peserta di berikan 60 soal teks tulis yang nanti diambil 5 gudep terbaik untuk melaju ke babak ke 2 dan 3. Babak ke dua adalah babak Tanya jawab, sedangkan babak ke 3 adalah babak cerdas cermat. Lomba yang di wakili 2 orang dalam masing masing gudep ini hanya mengambil 1 juara terbaik yang akhirnya di menangkan oleh HOS. Cokroaminoto lagi. Di samping lomba Intelegence Quantum, panitia menyediaakan beberapa DorPrize dengan kuis kuis yang tidak kalah serunya.
    Kegembiraan di malam itu di tutup dengan penyalaan api unggun pada waktu itulah, kebersamaan semakin terasa setelah bersaing dalam beberapa lomba sebelumnya. Seakan terasa satu dan utuh.

0 komentar:

Posting Komentar